16.8.13

Senarai Ulah Felix Siauw

Felix Siauw kembali bikin ulah. Stok ulahnya seolah tak habis-habis. Atau jangan-jangan Felix adalah ulah itu sendiri. 

Sumber foto: @felixsiauw
Sebagai seseorang yang konon ustadz, ahli agama, Siauw tidak seperti kebanyakan ahli agama lainnya yang menebarkan kesejukan kepada semua orang, menjadi rahmat bagi semesta alam. Siauw lebih memilih jalan keributan. Alih-alih berdakwah mengajak berakhlakul karimah, Siauw justru menggunakan cara-cara ofensif, konfrontasi, dalam banyak ceramahnya.

Lebih banyak kata jangan dalam dakwahnya daripada ajakan. Lebih banyak perintah dan larangan daripada pemberian contoh dan tauladan. Siauw seperti lebih berniat mengajak perang daripada menguraikan pemahaman mendalam. Ia lebih suka meradang-menerjang daripada berkasih-sayang.

Contoh larangan Siauw yang terkenal adalah larangan mengucapkan selamat natal. Tidak perlu dibahas panjang lebar disini. Jelas-jelas ia larangan yang hanya menggarami curiga, lalu kebencian lalu permusuhan di negeri yang masih memupuk kebhinnekaan ini. Bukannya  bergaul dengan sesama anak-bangsa dengan mau'izhah hasanah.

Perintah Siauw yang terkenal misalnya, "Udah Putusin Aja!" kepada anak muda yang berpacaran. Bisa saja gagasannya diterima dengan baik apabila disampaikan dengan pemaparan yang halus, dengan simpatik, bahwa menyegerakan pernikahan lebih indah bagi pasangan yang berpacaran. Bukan dengan antipati dengan menyuruh mereka putus. Tapi Felix memilih cara terakhir, cara menyerang.           

Belum lagi ketika pemerintah berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak. Bagai pakar ekonomi yang paling pakar, Siauw ikut-ikutan angkat bicara, berteriak lantang menolak. Saya sendiri tidak setuju dengan kebijakan pemerintah itu, tapi saya bukan ahli ekonomi sehingga hanya bisa bersetuju dan meyakini argumen para pakar yang menolak. Saya pun kemudian berharap pada argumennya agar membuat saya semakin yakin. Tapi apa daya, argumennya ternyata membuat saya menangis. Saya akui saya salah telah berharap.

Menurut Siauw, pemerintah menaikkan harga minyak lantaran menganut paham liberal dan tunduk pada kafir IMF. Jika saja, pemerintah meyakini Islam sebagai sebagai paham, sebagai ideologi, tentu minyak akan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena minyak di Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia, maka setiap rakyat berhak membeli minyak dengan harga Rp. 0. Seakan-akan galon minyak tinggal petik saja seperti mangga tetangga. Saya harap Anda tidak turut menangis mendengarnya. 

*********

Kali ini Siauw bikin geger banyak cewek. Mereka protes atas tausiah-nya. Sebab dia menganjurkan agar perempuan bermanja-manjaan  dan bersikap kenakak-kanakan sahaja. Tidak baik bagi cewek-cewek untuk menjadi mandiri, kuat dan tidak bergantung pada orang lain.

"Ya udah, itu pilihanmu, (menjadi wanita kuat, mandiri dan independen) jarang lelaki yang mau wanita seserem itu," tulisnya di akun twitter @felixsiauw,  Selasa (13/8/13.)  

Sumber foto: @felixsiauw

Seenak jidat Siauw memberi stempel "serem" bagi perempuan yang mandiri dan kuat. Seakan-akan menjadi wanita hebat itu dosanya lebih besar dari korupsi. Seenak jidat pula ia memayoritaskan spesiesnya yang menyukai perempuan lemah dan punya ketergantungan tinggi pada orang lain. Sebagian besar teman saya malah tidak menyukai perempuan menye-menye yang diidealkan Felix, meskipun tidak memaksa perempuan harus begini tak boleh begitu. Perkara suka tidak suka belaka.

Siauw sepertinya luput membaca sejarah dan kurang lengkap memahami intisari ajaran Islam. Jelas-jelas bahwa Khadijah yang dicontohkannya sebagai perempuan surga adalah seorang saudagar yang mandiri, kuat dan tidak bergantung pada orang lain. Dalam sekali ayun, dia yang berniat memukul orang lain tapi bogemnya jatuh ke mukanya sendiri. Bunuh diri. Ada juga Aisyah, wanita cantik jelita berawajah kemerah-merahan yang sangat dicintai Rasulullah, yang begitu gagah perkasa memimpin pasukan dalam Perang Jamal. Lupakah dia tentang dua perempuan hebat itu?

Sudah terang bahwa Nabi Muhammad -yang saya percaya diidolakan juga oleh Felix-- memuliakan kaum perempuan. Di masa pra-Nabi, kaum wanita dianggap lemah dan hanya menjadi beban bagi suku Quraisy sampai-sampai setiap bayi perempuan yang lahir dibunuh-bunuhi. Setelah Muhammad datang, derajat kaum perempuan ditinggikan. Peran mereka dalam mengasuh anak dimuliakan tiada bandingan dan peran di dalam masyarakat tiada dihalangi. Mengapa pula Felix datang dengan pola pikir yang meremehkan dan melemahkan perempuan seperti di jaman Jahiliyah?

Pilihan materi dakwah Siauw sungguh kurang bijak. Berani-beraninya dia merendahkan wanita modern, wanita masa kini yang berpendidikan, yang berkesempatan karya dan kerja yang sama dengan pria. Berani-beraninya dia menyerang ibu-ibu setelah Indonesia menelurkan seorang presiden yang ibu-ibu.

Tak urung cewek-cewek yang mulai merintis karir untuk menjadi perempuan independen mencak-mencak. Tak urung ibu-ibu yang sama-sekali tidak tergantung pendapatan suaminya menjadi panas kupingnya. Bagi mereka, menjadi wanita adalah berbagi peran dan tugas dengan pria. Bukan meringkuk di bawah ketiak suami.

Belum lagi bila mencermati hadits yang dikutip Siauw, ada satu ciri wanita penghuni surga: bermanfaat bagi suami. Wanita mandiri, kuat dan independen tentu saja memberikan manfaat lebih banyak bagi suaminya ketimbang wanita lemah dan serba-tergantung. Ciri ini  dengan sendirinya menggugurkan klaim wanita ideal versi Siauw.

Tak cukup sampai disitu, Siauw kemudian mencoba membela diri atas apa yang dituliskannya. Bukannya berbaik-baik, dia malah menuduh orang-orang yang mengoreksi dan mengkritiknya benci akut terhadap Islam atau kelompok feminis liberal. Bukannya membuka mata, dia justru menebalkan jarak dan menegaskan batas: Islam dan bukan Islam, seolah-olah Islam itu dirinya sendiri.

Di bagian akhir klarifikasinya, Siauw menyatakan; "Bukan berarti kritik dan sarannya saya nggak terima. Insya Allah semua diapresiasi, dijadikan masukan untuk ke depan lebih baik." Lihatlah, untuk mengapresiasi masukan saja dia masih butuh Insya Allah. Seakan-akan terdapat kemungkinan yang kelak menghalanginya dalam berapresiasi. Betapa salehnya dia.

Catatan ulah Felix bisa jadi lebih panjang. Sayang karena keterbatasan pengamatan, daftar ini hanya sebegini. Apabila ada yang ingin menambahkan tentu akan menjadi masukan yang sangat berarti.

*********

Tapi jangan buru-buru salah sangka. Tidak semua orang mengkritik Siauw. Muda-mudi yang manggut-manggut saja mendengar apa yang keluar dari mulutnya  banyak juga. Tidak sedikit yang membelanya dalam hal ucapan selamat natal. Bukan sedikit lelaki yang batok kepalanya berisi perempuan harus begini perempuan tak boleh begitu sedemikian kaku. Tidak kurang pula yang berteriak sama dengannnya mengenai keharusan asas Islam bagi Indonesia, dus memperjuangkan khilafah Islamiyah.

Entah berapa pasangan yang manut perintahnya untuk putus. Belum ada rilis survei LSI mengenai itu.

Seperti yang pernah saya perkirakan, ilmu Felix memang cukup memadai untuk menghantarkannya menjadi kyai televisi. Panggilan tampil di televisi mulai berdatangan. Terakhir saya lihat dia ada di Bukan Empat Mata yang membuatnya terlihat lebih lucu dari Tukul. Dan oh, mimpi apa dia semalam hingga bisa duduk berdekatan dengan Olla Ramlan dan Angel Lelga. Sebentar lagi, Siauw akan menjadi ustadz kondang yang mukanya saban hari mondar-mandir di televisi.

Tapi tahukah para pelaku pertelevisian Indonesia, betapa berbahayanya sikap intoleran Felix dan perjuangan khilafah Islamiyyah itu bagi keutuhan NKRI? Barangkali hanya demokrasi Indonesia yang membiarkan unsur yang potensial membunuh demokrasi untuk hidup bebas. Sementara TVRI, televisi milik negara itu, telah membuka lebar-lebar pintunya agar Felix dapat unjuk gigi. Bahkan TVRI yang sendiri itu pula yang menyiarkan secara langsung perayaan besar-besaran Hizbut Tahrir di senayan.

Tahukah Olla dan Lelga bagaimana pandangan Siauw mengenai perempuan? Semoga Diandra Paramitha Sastrowardoyo dijauhkan darinya. Semoga keusilan Felix terhadap kaum perempuan itu merupakan ulahnya yang terakhir. Semoga dia ingat pesan orang tua: daripada bikin ulah lebih baik main gundu. Amin.

74 komentar:

  1. tulisan anda di atas kebanyakan adalah opini murni, Mas. Tanpa berdasar literatur. Ya, gpp, namanya juga opini.

    Kalo saya memilih bertanya dan mengikuti para ahli seperti yg anda katakan di awal-awal (masalah ekonomi percayakan pada ahli ekonomi), jadi saya akan bertanya pada yg lebih tahu/ ustadz apakah itu baik/ benar. begitu. Belajar, berilmu, dan berkomentar utk menyebarkan ilmu itu. :))

    BalasHapus
  2. Namanya saja 'Felix S...u'
    Sayapun tidak mengerti maknanya. Loch? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh bung jangan kyk gitu mnyerah aja Taubat aja nanti keburu telat antum meninggal gimana? antum blm taubat antum menyesal kan akhirnya kasian antum juga sedih saya baca tulisan antum

      Hapus
  3. Yang beliau bicarakan itu soal agama. Kalau Anda dan kalian mengkritisi dari sisi hasil pemikiran-pemikiran, maka yang terjadi hanyalah "Otak manusia takkan pernah sampai pada kesempurnaan pemahaman Ilahiyyah".

    Sebenarnya yang nyari ribut tuh ust Felix, atau Anda sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap kang, bner banget tuh ust felix kliannya aja yg sudah termakan usaha2 kafir dimana org2 jd tdk kritis karena Usahanya sprti 3F dll hngga akhirnya ada orang Kritis seperti Ust Felix dibilangnya sok tahu dll

      Hapus
  4. Ini yg nulis artikel seolah menampakan kebodohanya sendiri, tulisan penuh dengki dan tendensius.

    Oh iya secara tidak langsung anda juga turut mempromosikan ust Felix dengan tulisan2 nda mutu anda... kasian lihat org seprti anda tersiksa dgn dakwah baik org... banyak belajar mas biar wawasan luas

    BalasHapus
  5. Coba anda buat pembandingnya yang lebih benar , anda malah mengajak umat untuk membenci.

    BalasHapus
  6. Kasian ya bisanya cuma cari kesalahan orang lain

    BalasHapus
  7. Kebenaran kalau di sampaikan memang perih, menangislah

    BalasHapus
  8. seriously? pada marah-marah? opini orang lain ini kenapa disangkal? terserah dialah mau bilang apa. toh ini blognya dia. bagi gue juga felix siauw agak terlalu preachy soal cewek atau semacamnya

    BalasHapus
  9. Akhirnya ada yg nulis tentang si felix miauw2 kucing garong, walaupun saya islam saya tidak pernah suka dengan cara dia berdakwah, lebih sering memprovokasi kericuhan diantara umat islam dibanding kedamaian, dan untuk yg kontra di blog ini mungkin followernya dia --"

    BalasHapus
  10. Sungguh kasihan ente bro......siapapun Anda..... :)

    BalasHapus
  11. kasian dehh ga dapet hidayah. beruntung banget orang yang dapet hidayah kayak felix siauw

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ormbk anonim... bersyurlah setidaknya engkau mendapatkan pengurangan dosa kelak di akhirat or mengambil pahalanya dr pencela mu.
      masyaALLAH

      Hapus
  12. ini "hidayah" terbaru dari felix siauw http://twitpic.com/dfqdlo

    BalasHapus
  13. Orang baik selalu mengajak kepada kebaikan,orang jahat selalu mengajarkan kebencian(kejahatan)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu tau tuhhh... siapalagi ustadnya kalo bukan Felix Siauw yang lebih banyak kontroversi dibanding memberi contoh? tau ga doi ngelarang selfie ehhh tapi pas istrinya jualan kerudung doi malah jadi juri lomba selfi ala kerudung jualan istrinya? lahhhhhhhh

      Hapus
    2. itu bukan lomba
      itu dakwah

      Hapus
  14. Buat ayat yang sesuai pemikiranmu bro. Kalo ente bisa buat satu ayat saja yg bisa mendukung pemikiramu, ente layak dapat pengikut.

    BalasHapus
  15. jangan mencari - cari kesalahan orang lain, lebih baik perbaiki kesalahan yang ada pada diri sendiri..

    BalasHapus
  16. "Udah putusin aja!" >> Kalo memang sudah siap nikah, segeralah menikah, kalo belum siap nikah (biasanya ini terjadi pada mereka yang masih anak sekolahan) maka daripada terus-terusan investasi dosa, udah putusin aja! Begitu penjelasannya. *Udah baca bukunya belum? :)

    Mengenai kenaikan harga minyak >> Para pakar ekonom juga sudah bilang, penyebabnya karena sistem ekonomi kapitalis yang menyebabkan rakyat menjadi konsumen, dan negara menjadi perusahaan (*sudah dengar pengakuan pidato SBY sendiri saat APEC 2013 kemarin belum?). Sebagai seorang tokoh publik agama, maka sudah sewajarnyalah Ust. Felix menyampaikan kepada umat, bahwa ternyata Islam memiliki solusi atas permasalahan tersebut karena Islam bukan sekedar agama ritual, tapi juga way of life yang memiliki panduan hidup yang lengkap bagi setiap lini kehidupan. Seharusnya keberanian sikapnya ini (dibandingkan ustadz-ustadz yang cuma diam) diapresiasi, karena telah membawa pencerahan kepada umat.

    Mengenai: "mandiri, kuat dan tidak bergantung" >> Seharusnya kita tidak cepat menyimpulkan berdasarkan tafsiran-tafsiran kita sendiri. Minta penjelasan dulu kepada Ust. Felix gambaran wanita mandiri, kuat dan tidak bergantung yang beliau maksud itu seperti apa. Jangan-jangan berbeda jauh dari penafsiran yang ada di benak Anda. Hal itu dapat memalukan diri Anda sendiri. (*Sudah tabayyun belum?)

    Mengenai: "Insya Allah semua diapresiasi" >> Sepertinya ada perbedaan Anda dan ustd. Felix dalam memahami kata "InsyaAllah". Menurut Wikipedia, insya Allah berarti: ""jika Allah menghendaki". Ini menunjukkan bahwa kita tidak tahu masa hadapan, apa yang berlaku kepada kita. Selain itu, ia juga menunjukkan bahawa manusia punya rencana, Allah punya kuasa. Dengan demikian, kata Insya Allah menunjukkan kerendahan hati seorang hamba sekaligus kesadaran akan kekuasaan Allah. Hal ini memang diperintahkan Allah: "Dan janganlah kamu mengatakan terhadap sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, kecuali (dengan menyebut): "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhan-Mu jika kamu lupa dan katakanlah "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini." (Surah Al-Kahfi:24).

    Ayat ini turun ketika Nabi mendapat teguran ketika alpa mengucapkan Insya Allah. Beginilah makna ungkapan Insya Allah yang seharusnya dipahami; menegaskan kesadaran manusia akan keterbatasannya, perasaan rendah hati seseorang yang hendak berbuat sesuatu mengetahui bahwa diatas semua yang ia lakukan dan katakan, Tuhanlah yang memiliki kekuasaan untuk mewujudkannya.

    Dalam hal ketika kita berjanji pun, kita harus mengucapkan InsyaAllah.

    Jadi ust.Felix sudah tepat melakukan hal itu semua. Dan mungkin Anda sebaiknya lebih banyak lagi belajar darinya.

    BalasHapus
  17. apakah mengapresiasi perlu berjanji?

    saya tidak perlu wikipedia untuk bilang "Insya Allah besok saya hadir di pernikahan kamu, A.."
    dan tidak perlu wikipedia juga untuk bilang: "Saya apresiasi komentar Anda, Ukhti Nisaa Mudagama." karena perkara apresiasi telah selesai di (dalam) diri saya sendiri. berbeda dengan janji untuk menghadiri acara A, atau B, yang bisa saja kita akan menemui halangan dari luar, sehingga saya butuh insya Allah.

    saya sudah baca buku felix, dan yang saya kritik adalah caranya yang tidak simpatik. saya kira cukup penjelasan ini.

    soal harga BBM, tentu saja pendapatnya saya apresiasi. meski memang tidak saya amini. dan pada akhirnya, saya justru lebih bisa menghormati "ustadz-ustadz yang cuma diam" mengenai perkara yang tidak mereka kuasai ilmunya. menurut saya, sikap diam mereka itu lebih baik daripada sok tahu yang cenderung menyesatkan.

    apa-apa yang saya tulis disini, adalah apa yang telah tuntas saya dengarkan dan baca dari felix. saya tidak malu menuliskannya.

    masih ada yang kurang jelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maju terus pak! sesungguhnya cinta kasih datang pada orang2 yang mengajak perdamaian. dan memang yang nge fans sama ustad nyentrik ini biasanya yang kurang punya pendirian dan tidak pernah menelaah dulu informasi yang masuk melalui dirinya. HAL APAPUN YANG DILABELI "AGAMA" dengan embel2 "USTADZ" itu udah PASTI BENER. Sehingga tulisan mas/mba semakin dicemooh... karena pada dasarnya mereka itu yaa tidak pernah melatih proses kritis berpikir. Hak nya mas/mba Arlian dong mau nulis apa... dan saya setuju seribuu bahkan lebih persen ttg artikel yang anda tulis. Pandangan UStad ini memang lebih banyak MUDHARAT nya ketimbang berkasih-kasihnya seperti UJ... saya rindu sesosok ustad seperti UJ yang ga pernah terkesan menggurui dan main LARANG-LARANGAN aja.... dan saya telaah mengapa Ustad Felix ini kok dakwahnya kebanyakan ttg perempuan ya? Terlalu sayang atau terlalu gatel ya ini ustad?

      Hapus
    2. menurut saya, sikap diam mereka itu lebih baik daripada sok tahu yang cenderung menyesatkan.

      saya sepakat bro... dan anda harusnya diam dlm masalah ini, karena anda belum tabbayun pd ust felix siauw. jd anda belum tahu kisah sebenarnya dan jadi DIAM itu lebih selamat

      semoga anda paham dg kata2 anda sendiri dan diberikan ampunan ALLAH SWTcatas dosa2 antum dan doa itu sebaliknya unt saya Aamiin 3x

      Hapus
  18. manusia itu punya komitmen tersendiri..
    :)
    mau ikut perkatan semua ustadz"
    ya blh2 aja....
    gak mu ikut Setiap perkataan ustadz"
    ya blh juga
    tapi dgn catatan jadilah manusia yg berani utk mengambil resiko disetiap pandangan yg anda lht.


    BalasHapus
  19. sebenarnya arlian buana itu siapa sih?
    heboh bgt mencari kesalahan org,,,,
    banyak2 istighfar yah,semoga allah swt mengampuni dosa2 mu.aminnnnn

    BalasHapus
  20. Ini yg buat artikel aliran buana anak sd ato anak tk yah ?
    Eh mas istigfar. Udah salah,pake nyalahin org lain. Tulisan apa di atas itu ?
    Jgn malah membodohi masyarakat dgn tulisan anda yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya keburukan itu selalu berbicara buruk. ini faktanya "yang comment atas ane"

      Hapus
  21. logika manusia <> logika agama.. jgn dicampur baur..

    BalasHapus
  22. logika manusia <> logika agama.. jgn dicampur baur..

    BalasHapus
  23. 1. kaum liberalisme pny bnyk racun pemikiran untuk umat Muslim, yg paling sering diangkat adl pluralism, demokrasi, kesetaraan #gender dll

    2. lihat aja daftar LSM yg dibiayai ford foundation, USAID, AUSAID, dll, semua isu yang diangkat adalah isu yang serupa

    3. khusus akhir2 ini, isu kesetaraan #gender hendak diangkat menjadi UU, lewat RUU KKG (keadilan dan kesetraan gender)

    4. dengan UU KKG ini, kaum liberalis mencoba meliberalkan perempuan dari hukum Allah, mensekulerisasi perempuan Muslim, atas nama #gender

    5. pada intinya RUU KKG ini berniat menyamakan hak dan kewajiban antara lelaki dan wanita, membuat semua sama antara lelaki dan wanita

    6. dan isu #gender ini pernah diusung pentolan JIL, musdah mulia, dlm FLA (fikih lintas agama) yg mengusulkan kesetaraan dalam agama Islam

    7. kaum liberalis ini menganggap bahwa Al-Qur’an dan syariat Islam adl sumber bias #gender (perlakuan tak setara thd perempuan)

    8. misal, kaum liberalis mengguggat hak bagi waris lelaki yg 2x lipat wanita, talaq yg ada di tangan lelaki, poligami

    9. juga menggugat kiprah politik perempuan, bolehnya memukul istri dalam syariat Islam, dan mengusulkan aturan2 itu dicabut

    10. inilah semangat yang juga ditanamkan di dalam RUU KK #gender, intinya membebaskan wanita agar berpikir seperti wanita2 barat kapitalis

    11. karena itu perlu sy sedikit share tentang sejarah kemunculan isu feminisme / kesetaraan #gender, supaya jelas bagi kita sikapinya

    12. jauh sebelum hari ini, bias #gender sebenarnya sudah terjadi ketika masa dark ages di eropa, abad petengahan, yaitu 5 – 15 M

    13. saat itu gereja menjadi badan terkuat setelah landlord, agama katolik menjadi agama negara, dan aturan gereja adl mutlak

    14. termasuk anggapan gereja saat itu adl menganggap #gender wanita sbg aib, penyebab adam diusir dari surga, container of satan kata mereka

    15. maka mulai #gender wanita diperlakukan berbeda, masyarakat mengadopsi anggapan katolik, lalu anggap wanita warga kelas dua, dbwh laki2

    16. begitulah dalam sejarah yunani, romawi, lalu kristen katolik, wanita tak berhenti dianggap sebagai bawahan pria, sub-ordinat

    17. #gender wanita dieksploitasi secara seksual di patung2, lukisan2, dan menjadi objek nafsu pria, tidak lebih dari itu

    18. #gender wanita dianggap beban karena tak mampu mencari nafkah, dikuasai laki2, dan boleh diperlakukan semena-mena

    19. bahkan di eropa, penyihir wanita dinamai witches, makna konotatif yg kasar dibanding wizard atau magician yg merupakan penyihir laki2

    20. wanita tak diperbolehkan belajar, ahli2 kimia wanita dianugrahi gelar witches dan dihukum bakar, tidak dengan pria

    21. singkat cerita, #gender wanita betul2 menderita, dosa sejak lahir, karena kristen menganggap merekalah sebab keluar dari surga

    22. ditambah sekulerisasi barat yang akhirnya menjadikan standar kebahagiaan terletak pada harta, jabatan dan kenikmatan dunia

    23. maka lahirlah gerakan feminisme di barat, sekali lagi, lahirlah feminisme di dunia barat, karena mereka merasa diperlakukan tidak adil

    24. mereka mendesak bahwa #gender laki2 dan #gender wanita harusnya punya akses yg sama terhadap harta, kerja dan semua kebebasan lainnya

    BalasHapus
  24. 25. bila laki2 blh kerja mk wanita jg, laki2 blh berpolitik mk wanita jg, laki2 blh senang2 bercinta, wanita jg, bgt isu setara #gender

    26. hasilnya setara #gender?, rusaklah tatanan hidup, angka perceraian meningkat, AS kampiun dlm hal perceraian, single parent meroket

    27. gara2 setara #gender, anak broken home menjamur, incest (seks antarkeluarga) bermunculan, depresi dan stress perempuan meningkat

    28. mengapa itu terjadi? karena kesetraan #gender menyamakan antara lelaki dan wanita, padahal keduanya berbeda, punya jalur masing2

    29. cacatnya kapitalis adalah menganggap pria dan wanita sama, padahal sudah jelas2 tak bisa disamakan secara #gender

    30. cacatnya kapitalis adalah menjadikan standar kebahagiaan ada pada materi, dan ini tidak menguntungkan bagi #gender wanita

    31. tapi inilah yg diinginkan kaum liberalis kapitalis, merusak tatanan masyarakat hingga mereka mengambil keuntungan, dan menjauhkan Islam

    32. jadi perlu dipertegas, bahwa masalah #gender ini berasal dari tatanan hidup barat sekuler, bukan berasal dari Islam samasekali

    33. dalam Islam, justru ketika Islam datang, perempuan jauh dimuliakan dibanding hidupnya pada masa yang lalu, diangkat derajatnya

    34. Islam memandang pria dan wanita berbeda scr #gender, namun mendapatkan akses yang sama terhadap kebahagiaan, yaitu ridha Allah Swt

    35. Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain.. (QS9:71)

    36. itulah bedanya, kapitalis menjadikan kebahagiaan pada materi, ini merugikan wanita | dalam Islam kebahagiaan adl ridha Allah semata

    37. maka dalam Islam, perempuan bisa sama bahagia dengan laki2, tak perlu isu kesetaraan #gender yg menyesatkan

    38. lelaki berlomba shaf paling depan, perempuan berlomba shaf dibelakang, keduanya mendapat ridha Allah, jalur masing2 sudah tetap

    39. lelaki berlomba syahid di medan jihad, perempuan berumrah mendapat pahala yang sama, jalurnya sudah ada, tak perlu disetarakan #gender

    40. lelaki mencari nafkah untuk keluarga, perempuan mengurus rumah dan keluarganya, semua dapat ridha, tak perlu berlomba di jalur yang sama

    41. subhanallah, itulah Islam, menggariskan untuk perempuan dan laki2 ada jalur lomba sendiri2, nggak berantem, salah satu keadilan Allah

    42. dan malahan, bila ingin disetarakan #gender, hasilnya jadi hancur | pria cari nafkah angkat2 barang, perempuan bisa menyamai? tidak

    43. perempuan melahirkan, laki2 bisa menyamai? tidak | laki2 memimpin kaumnya, bila wanita yg memimpin? stress dia

    BalasHapus


  25. 44. jadi kerusakan tatanan hidup adl bila perempuan diminta masuk ke jalur yg gak cocok dengan default setting-nya, dan sebaliknya

    45. tak perlu kesetaraan #gender, Allah yang lebih tahu tentang jalur perlombaan kebaikan bagi wanita/pria, bukan manusia yg mengetahui

    46. Allah yang menciptakan manusia termasuk perempuan, dan Allah yg lebih tau yg mana yg pantas bagi perempuan dan yg mana yg tidak

    47. beginilah sistem taghut, maunya mengganti aturan Allah dengan aturan manusia, setara #gender, yg hasilnya malah merusak tatanan hidup

    48. Islam memliakan wanita, tak ada yang lebih memuliakan wanita selain aturan Islam, yakin deh | yg lain kyk kesetaraan #gender merusak aja

    49. Islam memerintahkan wanita menutup aurat, dan tak banyak menampakkan dirinya, karena yg berharga memang harus dilindungi dan dijaga

    50. Islam menggariskan aktivitas wanita bersama2 dengan jamaah wanita, karena Islam menghormati wanita, dia tak dikumpulkan dgn pria :)

    51. Islam menaruh posisi ibu 3x lipat lebih dari posisi ayah, siapa yang harus ditaati ya Rasul? “ibumu!” ibumu!” “ibumu!” “lalu ayahmu!”

    52. Rasul katakan “dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan wanita shalihah” (HR Muslim) | wee subhanAllah :)

    53. Rasul ucapkan “Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya” (HR Ahmad) | wee masyaAllah :D

    54. tak seperti kapitalis liberal yg mengukur kecantikan dari lekuk tubuh, Islam mengukur lewat ketakwaannya, amal ibadahnya

    55. dan Islam menunjukkan pula bahwa pendukung pertama Rasul adl wanita, syahidah pertama jg wanita, Rasul wafat jg di pelukan wanita :)

    56. lalu mengapa poligami cm laki2 yg blh? >> emang perempuan mau punya dikelilingi cowok banyak? fitrahnya nggak kan (emang gw cewek apaan)

    57. begitu jg waris lebih

    BalasHapus
  26. FELIX SIAUWW change ur name already! Big Disgrace to CHINESE!!!! udah tukar aja nama u!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap...saya yang keturunan pun malu liat ulah dia -_-"

      Hapus
  27. FELIX SIAUW!!! SHAME OF U!!! TERRORIST IN MAKING!!! ROT IN HELL!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga ustad propaganda yahudi, teorinya ga bnr semua, kelaut aja deh tuh org

      Hapus
  28. Ouwww.. Makin banyak yaa pasangan yg putus setelah baca buku itu? Alhamdulillah.. Setidaknya semakin berkurang angka perzinahan.. Ternyata gaya bahasa yg kontroversial itu sangat efektif, dan agama memang harus disampaikan dg tegas.. Daripada anda Arlian Buana, tulisan anda sama sekali tidak memperbaiki keadaan akhlaq n perilaku orang lain, hanya memprovokasi dan tidak bermanfaat, menyedihkan..

    BalasHapus
  29. Biarin ajalah Ustad Felix Siauw itu, namanya juga nyari makan, saya sih tidak terpengaruh karena saya muslimnya jauh lebih lama (dari lahir) dan belajar Islamnya juga lebih lama.
    Materi ustad Felix memang lebih pas utk mereka-mereka yg baru belajar Islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam dari lahir dan udah lama tapi ilmu dan amal ga bertambah, malah makin dangkal.. Kasihan.. Banyak-banyak berdoalah semoga anda tidak su'ul khatimah..

      Hapus
    2. Ente tahu dari ilmu dan amal seseorang gag nambah??
      ndak perlu ditunjukkan juga kalee ane punyaa ilmuuu... ane beramal nihh...
      yang kasihan itu anda, berdoalah juga.

      Hapus
    3. berapa lama orang menganut agama belum bisa menetukan dia baik atau nda
      kenapa malah bahsa lama ato tidaknya

      Hapus
  30. benci tp rjin stalking twitter bliau! sy sj yg bisa dblg,mnyukai da'wah bliau, ga tau kl bliau prnh ada di bukan empat mta.
    anda mmg hebat :)

    BalasHapus
  31. Banyak bener yang anonim. Banyak bener yang seolah membela tapi menampilkan diri saja tidak mampu. Soal bahas cewek itu, mas, setuju banget aku. Sip Mas Bana! *ini bukan akun anonim*

    BalasHapus
  32. cara orang menyampaikan sesuatu memang berbeda-beda, kalau memang tidak suka dengan cara ust felix berdakwah, tidak seharusnya juga memprovokasi agar orang lain ikut-ikutan tidak suka. berati kan keliatan buruknya punya sifat iri dengki. setiap ucapan dari ustadz felix pasti berdasarkan dalil, kalau ragu, tanyakan saja dalilnya. tentang cara penyampaian ustadz felix menurut saya malah sesuai dengan perkembangan jaman. justru dengan gaya bahasa yg gaul dan cara yg gaul, ust felix bisa menjangkau anak2 muda jaman sekarang, lebih mengena di hati dan ga bakal bosen dehhh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak christina yg baik... sebelumnya, tolong bedakan ulasan, kritik, provokasi dan ketidaksukaan.

      setelah bisa membedakan, baca lagi tulisan saya ini.. setelah itu, coba deh nilai, tulisan saya ini masuk ke kategori yg mana. terima kasih :)

      Hapus
  33. maaf saya mo ngomong kasar tentang ustad felix ini. nih ustad mengunakan islam supaya diterima di masyarakat indo? sorry, sy sbg pribumi dan muslim eneg liat nih ustad. jangan gunakan islam spy anda bisa diterima. jangan gunakan islam
    untuk agenda pribadi anda!!! sorry, anda non-pribumi. di level permukaan memang sepertinya anda bisa diterima. tp tidak untuk di level yang lebih dalam.

    salam,
    vera

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda ini sirik banget ke felix krn beliau masuk Islam lalu kamu hubung2kan ke etnik, anda ini provokator karosetan !

      Hapus
  34. suatu saat baru bisa terbukti apakah ajarannya ini memang benar atau hanya sekedar strategi marketing :) kalau kita bisa, ya diambil yang baiknya saja untuk memperbaiki diri kita sendiri dan yg gak enak buat kita itu dijadiin bahan utk tertawa geli aja sendiri kalu mantengin TL saat macet :)

    BalasHapus
  35. Bagi saya, siapa pun yang menyerukan pendirian Khilafah dan menentang NKRI adalah sosok (atau kelompok) yang harus diluruskan.

    Jangan berkedok Islam, dengan berkata ingin mendirikan Khilafah Islamiyah, dan ingin mengganti dasar negara ini.

    Keragaman bangsa ini yang menjadi satu dalam wadah NKRI juga termasuk Rahmat Allah. Jangan memaksakan kehendak. Apapun urusanmu, kedepankanlah perdamaian.

    Jika Anda seorang pendakwah, maka sentuhlah hati audiens Anda. Menyentuh hati seseorang adalah dengan menurutkan pada fitrahnya yang cenderung pada kebaikan (QS 2:286). So, dalam bertindak dan berkata (atau berkicau) itu haruslah sesuai dengan nilai kebaikan.

    Apa itu kebaikan? "Tanyailah hatimu! Kebaikan adalah sesuatu yang tenang terhadap jiwa, dan yang tenteram terhadap hati, sedangkan dosa adalah yang mengacaukan hati dan membimbangkan dada, walaupun setelah orang memberimu fatwa" (HR Ahmad dan Ad-Darimi)

    BalasHapus
  36. Ust. Felix sdh menyampaikan dengan benar, sebaiknya anda cari aja kerjaan lain jgn ngurusin org lain malahan tambah provok, sebaiknya anda bergabung aja ke lsm yang punya kegiatan positif yang banyak berbuat bukan ngemengin orang kaya anda ini. anda aja yang sirik emangnye anda dibayar berapa sih sama lsm provok? kalau anda mau kerja di lsm yang positif sy bs kasih link?

    BalasHapus
  37. yang nulis yang blog ini orang bodoh, ya begitulah orang bodoh seperti yang menulis di blog ini, mungkin iri sama felix...namanya juga orang bodoh, hai...kamu yg nulis di blog ini, ayo orang bodoh tunjukkan batang hidung loe....minimal felix udah tampil di publik, lha....lu, cuman di blog aja, dasar orang bodoh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro anonim... sy juga tidka setuju dg pebulis blog tersebut. tapi kalau boleh kasih usul giman kalau kita beri contoh tulisan yg baik dan tidak menjelek2an seperti penulis blog. kita tunjukkan akhlaq seorang muslim ketika menasehati.

      semoga kita diberikan ALLAH SWT kebaikan dan ilmu yg mendalam dan bermanfaat

      Hapus
  38. Wah yang komen diatas gue ini payah banget yah
    Nyampah abis

    Lo tau, salah satu hal paling memuakkan dari orang Indoneisa adalah, sdikit2 bawa2 agama
    Segala macam perbuatan diatasnamakan agama

    Seolah2 mengungkapkan pikiran sendiri adalah suatu kesalahan
    Orang jadi malas berpendapat n berkata jujur karena orang2 disekitar bakalan langsung sangkut pautin sama ayat ini ayat itu dalil ini dalil itu

    Katanya era kebebasan berpendapat
    Mau kaya jaman orde baru lagi?

    Sekalinya ada orang berpendapat aja langsung dituding gak ngerti agama kek, kafir kek, pro yahudi kek
    Bullshit lo pada

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak pake agama, berarti meninggalkan agama donk, berarti tidak beragama donk, berarti atheis dong, subhanallah

      bro ane doakan semoga kita bisa lbh banyk bljar lg tentang islam dan di tunjukkan jln terbaik oleh ALLAH SWT yaitu syurga krn kita beragama

      Hapus
  39. Dimaklumi saja....ciri Wahabi itu memang selalu begitu. Memfonis, seperti mengkafirkan
    dan lain sebagainya. Penyampaianyanya kasar dan tidak teladan terhadap sikap rosul. Katanya
    ahli sunnah?..lihat Si felix itu khas banget cara bicaranya cara Wahabi. Semoga gak bawa bendera ISIS kesinilah. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ustadz felix itu mualaf bro... bukan wahabi, dan is berislam dan berorganisasi ke HTI bukan wahabi. dan wahabi itu, kalau boleh menerangkan sedikit itu m bin abdul wahab hidup abad ke 1800 dan terinspirasi oleh ibnu taimiyah dan ibnu taimiyah madzhabnya ke imam ahmad bin hambal atau madzhab hambali. ahlus sunnah wal jama'ah di indonesia mengakui imam 4 madzhab kan ?
      mari kita baca referensi lagi.
      semoga bro anonim dan saya mau belajar lagi sehingga tidak mudah suudzon, ngibah juga menggibah saudara seislam kita apalagi seorang ustadz he 3x

      Hapus
  40. kalo bukan hidup di negara demokrasi, ga bakal bisa bebas kaya gitu tuh kokoh, anti demokrasi tapi menikmati produk demokrasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bebas bro... bebas berpendapat, berprofesi, bebas sekolah, bebas judi, minum2an keras, bebas free sex, bebas bermaksiat dan berbicara tanpa adab

      Hapus
  41. komen-komen disini lebih membuat saya ingin menangis daripada pemerintah yang menaikkan harga minyak :(

    BalasHapus
  42. Organisasi Hizbut Tahrir yang dibawa sama felix kwetiau ini bergerak terselubung untuk mendoktrin masyarakat terutama orang2 di politik dan militer dengan ideologi islam ekstremis politik dan agenda terakhir melakukan kudeta thd negara. Contoh yg udah kejadian (dan gagal): di Mesir 1974 dan Yordania 1968/69
    Mereka beranggapan semua permasalahan solusi nya adalah khilafah, padahal permasalahan ekonomi sosial budaya tidak sesimpel itu. Apapun yg dilakukan pemerintah, bahkan termasuk kebijakan yg baik, mereka tentang dengan tidak rasional. Dan selalu mencoba membentuk opini khilafah adalah sistem paling sempurna,
    Ini organisasi politik bermotif separatis yg mau buat Indonesia jadi seperti Arab Saudi, thanks but no thanks
    Negara demokrasi lebih baik, karena setiap orang dijamin haknya untuk menyuarakan pendapatnya dan hak untuk memilih apa yg baik untuknya. Dalam sistem totalitarian seperti sosialisme, khilafah dll. bakal ada kecenderungan untuk memaksakan interpretasi satu orang ke seluruh masyarakat dan melanggar hak azasi manusia.

    Sy sebagai muslim yg cinta NKRI dan tidak mau negeri ini terpecah belah dengan interpretasi ekstrimis HTI dan Felix Siauw cuma mau bilang:
    JANGAN DOMPLENG AGAMA SAYA UNTUK KEPENTINGAN POLITIKMU

    BalasHapus
    Balasan
    1. demokrasi memang lebih baik bro... ustadz, ulama, pastur, ilmuan, dosen, preman, pezina, pemabuk, penggibah, penjudi di berikan hak yang sama. jika di indonesia lebih banyak yng buruk tentu indonesia akan jadi .......

      bro tengku sudah baca shirah nabi full, shahih bukhari, muslim atau kitab kecil saja dech safinatun najah ? insyaALLAH jawaban bro tengku terjawab.
      sy sebagai muslim seperti bro tengku sy mendukung khilafah dan sy bukan HTI tapi sy hanya islam yg ahlussunnah wal jama'ah

      moga bisa bro tengku bisa membaca buku referensi yg sy ajukan bro. dan bertambah sholeh dan di ridloi ALLAH SWT

      Hapus
  43. subhanallah... siapapun anda bro, saya hanya ingin berkata semoga ALLAH SWT memberikan petunjuk kepadamu. dan memberikan kelembutan kata-katamu sehingga kata-kata darimu bisa menjadikanmu ke syurga bukan sebaliknya dan aku berdoa semoga anda di berikan hidayah biar belajar islam lebih mendalam bro... bukan bicara dengan hawa nafsu tapi dengan ilmu.
    sehingga anda paham tentang haramnya pacaran (lihat hadits) tentang kholwat dan ikhtilat juga al-qur'an (jangan mendekati zina)
    dan semoga engkau mau membaca shirah nabi secara keseluruhan bro biar tahu ketika islam datang ke rasul umur 40 atau ketika rasul menikah dengan khotijah, khatidjah seperti apa dan juga aisyah. ( ia hanya sekali seumur hidup ikut bukan memimpin perang, ikut dengan thalhah dan zubair) menuntut keadilan dengan ali. dan akhirnya damai kedua belah kubu dan aisyah menyesal seumur hidup.

    bro... semoga engkau diberi hidayah, disayang ALLAH SWT juga doa itu unutkku. Aamiin 3x

    BalasHapus
  44. TOLONG Klarifikasi sebelum menjudge. http://felixsiauw.com/home/tentang-selfie/

    BalasHapus
  45. Semoga Alloh senantiasa menjaga ustadz Felix. Mba atau mas Arlian buana, semoga Alloh memberikan anda keluasan ilmu dan kelapangan hati. Saya tdk tahu mgp anda bgt negatif pikir thd hal hal yg ust. Felix sampaikan, semoga bukan krn fanatisme. Setahu saya semua yg anda kritik dari ust.Felix, ketika beliau sampaikan selalu dilandasi dalil baik naqli maupun aqli.
    Dan saya dapati kesamaan dari bbrp ust yg setahu saya bkn hti ttg hal hal yg anda kritik tsb. Allohu a'lam
    Saya teringat ucapan ust. Zaenal abidin hafidzuhulloh tentang nasihat dari guru beliau yg mengatakan "ikutilah orang krn kebenaran, jangan mengikuti kebenaran karena orang" semoga Alloh memberi kita taufik dan hidayah amiin.

    BalasHapus
  46. ini yg nulis, yg komen, yg felix, apakah islam? benar2 orang yg SOK ISLAM!! no offense

    BalasHapus
  47. seperti air mengalir, biarkan saja gan, selama ada santri2 kalong Nusantara akan tetap nusantara.. :3

    BalasHapus